Pengembangan Diri
Pengembangan diri adalah proses pembentukan dan perwujudan dari yang kebiasaannya jelek menjadi kebiasaan yang lebih baik.
Pengembangan diri dapat mencakup :
1. Meningkatkan kesadaran
2. Meningkatkan pengetahuan diri
3. Meningkatkan keterampilan atau mempelajari keterampilan baru
4. Membangun atau memperbaiki identitas
5. Mengembangkan kekuatan atau bakat
6. Mengidentifikasi atau meningkatkan potensi
7. Meningkatkan gaya hidup atau kualitas hidup
8. Meningkatkan kemampuan social
Untuk menjadi orang yang sukses setidaknya harus memiliki 3 keyakinan dasar, keyakinan ini yang akan membuat diri kita berubah total untuk mengembangkan diri :
1. Ia mau berubah
2. Ia harus berubah
3. Ia dapat berubah
Harus mempunyai double track :
1. Akademik
2. Kepemimpinan atau organisasi
1. Fungsi perencanaan
Mencakup semua kegiatan yang ditunjukan untuk menyusun program kerja selama periode pada masa tertentu.
2. Fungsi pengorganisasian
Mencakup upaya untuk mengorganisasikan semua sumber daya untuk mencapai tujuan bersama.
3. Fungsi pelaksanaan
Mencakup semua proses pelaksanaan kegiatan sesuai dengan perencanaan atau misi-misi.
4. Fungsi evaluasi
Upaya untuk menilai proses perencanaan atau menilai mencakup hasil.
Macam-macam manajemen diri :
1. Manajemen waktu
2. Manajemen perasaan
3. Manajemen kegiatan
Ada beberapa prinsip yang sebaiknya kita pertimbangkan dalam manajemen waktu sehingga kita bisa menjadi efektif :
-Menyusun rencana
- Focus
Tips bagi waktu saat deadline :
1. Dialog apabila bisa diundur
2. Pandai mencari waktu
3. Adanya komunikasi yang baik
Mencakup semua kegiatan yang ditunjukan untuk menyusun program kerja selama periode pada masa tertentu.
2. Fungsi pengorganisasian
Mencakup upaya untuk mengorganisasikan semua sumber daya untuk mencapai tujuan bersama.
3. Fungsi pelaksanaan
Mencakup semua proses pelaksanaan kegiatan sesuai dengan perencanaan atau misi-misi.
4. Fungsi evaluasi
Upaya untuk menilai proses perencanaan atau menilai mencakup hasil.
Macam-macam manajemen diri :
1. Manajemen waktu
2. Manajemen perasaan
3. Manajemen kegiatan
Ada beberapa prinsip yang sebaiknya kita pertimbangkan dalam manajemen waktu sehingga kita bisa menjadi efektif :
-Menyusun rencana
- Focus
Tips bagi waktu saat deadline :
1. Dialog apabila bisa diundur
2. Pandai mencari waktu
3. Adanya komunikasi yang baik
Komentar
Posting Komentar